Cloud Gaming, Konsep Baru Bermain Game di Masa Depan

Intisari : Google Stadia lebih unggul dari sisi global internet infrastructure sehingga diperkirakan kedepan akan mampu mengungguli Cloud Gaming dari GeForce NOW dan Playstation NOW.

Definisi.
Cloud Gaming dapat saya definisikan sebagai cara atau konsep bermain game menggunakan media cloud artinya internet merupkan media utama untuk bisa bermain game. Keuntungan generasi terbaru cara bermain game ini adalah fleksibelitas dimana gamer dapat bermain game kapan saja dan melalui gadget atau perangkat apapun. Cloud Gaming ibarat seperti menonton Youtube di berbagai perangkat dimanapun menggunakan internet, ibarat menyimpan file di Google Drive dan kalian bisa mengeditnya dimana saja, berkolaborasi untuk mengeditnya oleh beberapa orang di lokasi yang berbeda secara bersamaan tanpa harus memikirkan tempat penyimpanan dan hardware yang digunakan. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita lihat perkembangan pengguna atau jumlah pengguna game online.

online gamers di indonesia


Sejarah.
Sedangkan menurut Wikipedia, Cloud Gaming adalah teknologi yang memungkinkan pemain menjalankan dan mengendalikan komputer pribadi melalui perantara koneksi internet dan bermain secara langsung dari bermacam perangkat. Cloud Gaming sudah dimulai sejak tahun 2000 yang didemokan oleh E3 sebuah industri permainan video. Hingga melewati beberapa proses penelitian di tahun 2005-2007, dan pengembangan di tahun 2010 dan 2015. Kemudian pada bulan Oktober 2015 NVIDIA meluncurkan Cloud berbasis game streaming bernama GeForce NOW. Dilanjutkan pada bulan Oktober 2018 oleh Google dan Microsoft.

Provider.
Ada beberapa penyedia layanan yang sedang dan sudah mulai mempersiapkan Cloud Gaming, mulai menawarkan harga yang beragam, banyaknya jumlah game pada layanan yang disewakan, kesiapan server yang disewakan, dan termasuk ketersediaan perangkat yang didukung. Beberapa provider tersebut diantaranya :

1. GeForce NOW :
- Tersedia lebih dari 400 games
- Tersedia untuk Mac OS, Windows PC, Shield TV
- Keunggulan pada reducing latency, quality, dan performance.

2. Playstation NOW :
- 750 games
- PS4 dan PC min req RAM 2 GB dan  Core i3 2.0 GHz
- Keunggulan pada reducing latency untuk ultra streaming
- Harga mulai dari $19.99 per bulan

3. Google Stadia :
- Tersedia di semua perangkat termasuk smartphone
- Free dan $9.99 per bulan
- Frame rate 30 FPS & 60 FPS
- Resolustion Up to 1080P & Up to 4K
- Terkoneksi dengan Youtube

Seperti dikutip dari 9to5Google, para gamer hanya dikenakan biaya bila berlanggan Stadia Pro dengan keuntungan akan menadapatkan tambahan games dan diskon saat pembelian game. Selain itu ada pembelian sekali bayar yaitu sekitar $60. Namun, ada pengomentar yang mengatakan bahwa tawaran tersebut adalah sebuah trial. Perlu diketahui juga bahwa keuntungan lainnya bila membeli Stadia adalah global internet infrastruture dan high-performance cloud servers. Hal lain yang tidak kalah penting adalah joystick atau Google Stadio Controller seharga $69.

4. Shadow :
- Tersedia di semua perangkat
- High-Performance Gaming

5. Vortex :
- Semua perangkat
- $9.99 per bulan

6. Project xCloud :
- Direncanakan akan tersedia semua perangkat termasuk PC dan Console
- Direncanakan bisa terhubung ke 4K TV
- Direncakakan akan dibuat kontroler khusus
- Direncakakan akan unggul pada high-quality dan low-latency video


Posting Komentar