Google Rilis Situs Pencarian Data Yang Mempermudah Untuk Mendapatkan Data Referensi

Intisari : Google merilis situs pencarian data http://g.co/datasetsearch yang mempermudah orang-orang atau para peneliti dalam mendapatkan data atau referensi, baik data penelitian, data pemerintahan, atau data jurnalis. Informasi lengkap kunjungi https://www.blog.google/products/search/making-it-easier-discover-datasets/

Sebuah penelitian akan sangat bermanfaat di kemudian hari, penelitian dapat dilakukan siapa saja seperti para akdemisi, para peneliti, ilmuan, jurnalis, dan masih banyak lagi sesuai dengan masing-masing bidang yang akan diteliti. Manfaat sebuah penelitian tidak hanya akan dirasakan oleh orang yang meneliti tetapi juga wilayah atau negara dimana orang tersebut melakukannya bahkan bila sebuah penelitian tersebut memiliki lingkup pembahasan yang luas, maka dapat saja akan bermanfaat juga bagi negara-negara lainnya. Beberapa proses yang harus dilewati seorang peneliti adalah mendapatkan data, menganalisis data tersebut sebagai tujuan referensi atau mengembangkan data yang sudah ada untuk melanjutkan penelitian. Data tersebut bisa didapatkan dari beberapa situs tertentu. Namun, mendapatkan data yang sesuai dengan bidang penelitian tidaklah mudah tidak semudah mencarinya di pencarian Google biasa, kalian harus masuk ke situs penyedia data-data tersebut seperti situs milik universitas atau lembaga-lembaga tertentu.

Menurut beberapa sumber seperti dari lipi, tirto, dan kompas dalam beritanya pada tahun 2016 dan 2017 lalu mengatakan bahwa jumlah peneliti di Indonesia masih rendah (Jumat, 07/09/2018). Selain itu, Indonesia juga berada di peringkat 11 terendah negara di Asia dalam jumlah publikasi dokumen penelitian dengan jumlah 75220 dan tertinggi adalah China dengan total 5133924 dokumen (sumber). Beberapa hari yang lalu Google baru saja merilis situs yang menyediakan layanan pencarian data bagi para peneliti, hal ini diharapkan dapat mempermudah mereka untuk mendapatkan data atau referensi.

Dalam beritanya yang dirangkum dari blog.google bahwa ada begitu banyak sumber yang menyediakan dan mempulikasikan dataset/data yang berasal dari lokal dan nasional yang ada diseluruh dunia. Agar data tersebut mudah diakses Google merilis Dataset Search sehingga para ilmuan/peneliti, para jurnalis, atau siapa saja dapat menemukan dokumen yang mereka perlukan. Kalian dapat menggunakan Guidelines yang telah disediakan untuk mempermudah mendapatkan informasi dari data tersebut seperti mengenai siapa yang membuat, kapan dipublikasi, bagaimana data dikumpulkan, syarat penggunaan data, dan sebagainya. Dalam waktu dekat situs ini akan mendukung beberapa bahasa tambahan serta disarankan juga mengaksesnya dari laptop karna tampilan dari smartphone belum begitu sempurna.

- Contoh pencarian sebuah data, misal mencari dengan kata kunci "pertanian" :
cara menggunakan google dataset search



- Misal kita pilih "Data Sebaran Alat Dan Mesin Pertanian Tahun 2016"
mengenal google dataset search


- simbangda.jayapura.go.id adalah situs atau lembaga yang menyediakan data tersebut, serta terdapat tanggal dibuat, tanggal publikasi, dan deskripsinya. Kita dapat membaca lebih lanjut atau mendownload data tersebut dengan cara mengklik situs tersebut.
google dataset search



Posting Komentar