Manfaatkan SOS Alert Untuk Informasi Akurat Saat Terjadi Bencana Alam

Intisari : Dapatkan cara lain memperoleh informasi akurat saat sedang berada di area bancana alam. Info lengkap kunjungi support.google.com/sosalerts

Ada yang bisa tebak kapan bencana alam bisa terjadi? Mungkin tidak semua orang bisa mengetahui kapan hal tersebut benar-benar akan terjadi. Bencana alam adalah hal yang tidak terduga dan dapat terjadi karena atau disebabkan oleh manusia. Terlepas dari faktor-faktornya, kita semua perlu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut atau minimal memperoleh informasi akurat.

Bencana alam besar banyak terjadi di berbagai negara termasuk di Indonesia. Contohnya seperti banjir, kebakaran hutan, gempa bumi, dan lain sebagainya. Menurut sumber dari bnpb.cloud/dibi/ (29/10/2018) bahwa pada tahun 2018 di beberapa wilayah di Indonesia telah terjadi bencana alam dengan total mencapai 1227 yang menyebabkan banyak korban jiwa serta kerusakan fasilitas umum.

Berbagai upaya telah dilakukan seperti peringatan dini yang disampaikan melalui media elektronik dan sosialisai-sosialisasi. Hal lain yang mungkin kita harus lakukan adalah memanfaatkan smartphone yang terkoneksi internet. Kita dapat memanfaatkan SOS Alert dengan cara mengaktifkan lokasi dan gunakan mode akurasi tinggi untuk keakuratan lokasi pada android. Saat kita sedang menggunakan browser pastikan juga lokasi aktif atau memberikan izin pada Setelan situs. Saat sedang menggunakan Google app pastikan memberikan izin lokasi pada tap Setelan dan pilih Aplikasi & notifikasi. Saat menggunakan maps atau waze pastikan izin telah diberikan untuk mengakses lokasi. Pastikan juga Google app, maps, dan browser sudah diupdate.

Seperti yang dikutip dari support.google.com/sosalerts fitur SOS Alert pada Google app dan Google maps bertujuan untuk mempermudah akses terhadap informasi darurat saat terjadi krisis yang disebabkan oleh manusia atau alam. Hal ini sangat bermanfaat saat kita sedang berada di sebuah area krisis untuk mendapatkan informasi terbaru. Minimal dengan melakukan hal ini kita mendapatkan juga petunjuk lain yang akurat saat sedang berada di area bencana.


Posting Komentar