Shared Spectrum, Apakah Akan Menjadi Jalur Menuju 5G ?

Intisari : CBRS solusi jaringan nirkabel. Banyak penyedia layanan berbagi spekrum yang sama bahkan di jaringan yang sama dengan biaya murah. Info lebih lanjut kunjungi google.com/get/spectrumdatabase/

Fifth Generation (5G) ada yang bisa menjelaskan secara detail bagaimana cara kerjanya? Tidak semua orang bisa berbicara tentang materi ini, termasuk saya. Ini adalah materi yang berasal dari bidang ilmu Telekomunikasi. Sebelum membahasnya, pasti kalian sudah pernah mendengar 4G dan sudah menggunakannya. Pada intinya 4G adalah generasi ke 4 teknologi jaringan tanpa kabel dimana kecepatannya mencapai 1.000 Mbps. Sebagai contoh Telkomsel yang berada atau mendukung layanan di frekuensi 1.800 MHz 2.300 MHz, untuk menggunakannya perangkat/smartphone harus sudah mendukung Jaringan 4G LTE dan berada di wilayah yang sudah terjangkau frekuensi ini. Untuk memastikannya kalian bisa menggunakan fitur di situs ini https://willmyphonework.net/.

Jaringan tanpa kabel banyak digunakan secara mobile atau berpindah-pindah, bisa dibayangkan berapa banyak pengguna smartphone di dunia. Maka semakin banyak pengguna akan berpengaruh pada kecepatan. Berdasarkan data dari statista.com (27/10/2018) pengguna smartphone berturut-turut mencapai 2.53, 2.71, dan diperkirakan mencapai 2.87 milyar di tahun 2020. Untuk mengatasi hal ini di Amerika bersama-sama industri mobile, cable, IoT dan lainnya beserta pemerintah telah mengembangkan kebijakan "shared spectrum approach to wireless connectivity" seperti yang dikutip dari blog.google hal ini dilakukan mereka untuk meningkatkan spektrum nirkabel atau menambahkan jalur atau sederhananya meningkatkan bandwidth.

Contoh yang telah sukses adalah The Citizens Broadband Radio Service (CBRS) dimana setiap anggota di dalamnya dapat berbagi bagian spektrum yang kurang dimanfaatkan. CBRS menggunakan jaringan, infrastruktur, cloud, terbaik dari Google untuk menciptakan layanan jaringan nirkabel berkualitas tinggi dan dapat membuka jalur menuju generasi ke 5. Mungkin ini bisa menjadi pilihan untuk menambah kapasitas dengan biaya rendah terutama bagi mereka yang memiliki perusahaan di negera adikuasa tersebut.


Posting Komentar