Apakah Ada Tawaran Menggiurkan Masuk ke Gmail Kamu ?

Intisari : Jangan menindaklanjuti pesan masuk atau spam terutama bila menawarkan investasi Bitcoin secara mudah, ikuti tipsnya di akhir artikel

Baru-baru ini ada kabar mengejutkan bahwa sesorang menerima pesan masuk ke akun Gmail nya dan berisi tawaran untuk berinvestasi Bitcoin untuk mengubah $10 menjadi $100.000, tidak hanya Gmail provider lain seperti Outlook juga para penggunanya menerima pesan yang sama.

Mengingat bahwa Gmail dan Outlook adalah media komunikasi email yang popular maka kita harus waspada terhadap pesan baru yang masuk terlebih bila pesan tersebut menawarkan cara untuk berinvestasi secara cepat dan mudah. Kita perlu memverifikasi kebenaran pesan tersebut kepada sumber atau bahkan menanyakannya langsung kepada pihak provider. Kita tidak disarankan langsung mengambil tindakan dan melakukan langkah yang diminta dari email mencurigakan tersebut.

Spammer mengirim pesan tersebut dengan cara Spoofing Header yaitu cara pemalsuan informasi Header yang terdapat pada sebuah email sebagaimana yang dikutip Google Hexa dari Forbes, Selasa (24/04/2018). Google juga melaporkan bahwa hanya sedikit pengguna Gmail yang terdampak pesan spam tersebut dan mereka sudah mengambil tindakan untuk melindungi para penggunanya.

Berikut ini tips dari Google Hexa saat kamu merima pesan spam :
1. Jangan cepat tergiur terhadap isi dari pesan tersebut
2. Jangan cepat melakukan langkah yang diminta seperti mengklik sebuah link atau memberikan informasi penting
3. Jangan membuka lampiran
4. Bila ragu, lakukan verifikasi atau tanyakan langsung kepada sumber atau alamat pengirim tentang kebenarannya
5. Hapus pesan tersebut dari folder spam dan sampah


Posting Komentar