Lebih Mengenal Cloud Composer Beta Layanan Yang Full Control dan Mudah Digunakan

Intisari : Google merilis layanan komputasi awan bernama Cloud Composer yang menggunakan Apache Airflow, lihat informasi lebih lengkap di https://cloud.google.com/composer/

Banyak dari kita mungkin sudah mengetahui apa itu Cloud atau Cloud Computing atau komputasi awan, beberapa aplikasi Cloud yang sering kita gunakan seperti Gmail, Google Drive, dan seterusnya tentu sangan membantu kita untuk bekerja lebih produktif. Saat kita ingin menyimpan atau memperbaharui atau mengedit sebuah file kita tidak direpotkan lagi untuk memperbaharuinya melalui laptop atau perangkat penyimpanan. Dengan Cloud kita hanya menyimpan file tersebut di awan dan memperbaharuinya kapanpun dan dimanapun. Syarat utama untuk menggunakan layanan Cloud adalah kita harus memiliki akses internet.

Bila kamu seorang pengembang aplikasi mungkin bisa mencoba layanan Cloud Google, berbagai macam jenis Cloud seperti IaaS, PaaS, dan SaaS bisa kamu gunakan sebagai pilihan Cloud untuk mengembangkan aplikasi kamu. Berdasarkan kutipan Google Hexa dari Venturebeat.com Rabu (05/02/2018) Google baru saja merilis produk baru salah satunya adalah Cloud Composer yang kini masih dalam versi beta, layanan ini mengotomatisasi proses-proses manual, penghematan waktu, dan mengurangi kemungkinan-kemungkinan terjadinya error.

Teknologi ini dibangun menggunakan Apache Airflow dan untuk bahasa pemrogramannya menggunakan Python. Bila dilihat dari video yang dirilis oleh Google mengenai Composer ini, mereka mengedepankan kemudahan dalam manajemen antar muka pada saat melakukan pembaharuan, melakukan penjadwalan pembaharuan, dan melakukan monitoring yang sedang dikembangkan. Artinya kontrol sepenuhnya ada di sisi penyewa layanan. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di https://cloud.google.com/composer/. Dari sisi harga Google baru memberikan pricing untuk wilayah US dan Europe yang artinya layanan ini mungkin baru berlaku untuk wilayah tersebut. Bagaimana dengan Asia atau negara-negara lainnya? Kita tunggu saja berita selanjutnya.


Posting Komentar